Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kab. Bener Meriah

Logo Kabupaten Bener Meriah bernama MUSARA PAKAT. Terdiri dari beberapa unsur yang masing-masing memiliki makna, yaitu : • Bentuk Segi lima, melambangkan jiwa dan semangat rakyat Bener Meriah berlandaskan kepada Pancasila. • Empat warna mengelilingi segilima, melambangkan Sarak Opat yang melambangkan sistem Pemerintahan Adat Tanoh Gayo. Kuning : Rje (Bupati), Si Musepet Suket Hijau : Imem (MPU), Si Muperlu Sunet Merah : Petue (Tokoh/Cendikiawan) Si Musidik Sasat. Hitam : Rakyat (DPRD) Musara Pakat. • Bintang Bersudut Lima dan berwarna Hijau, melambangkan Ketuhanan Yang Maha Esa • Tulisan Bener Meriah, Tulisan yang terdapat dipuncak Tugu Rimba Raya merupakan nama Kabupaten Pemekaran Kabupaten Aceh Tengah • Gunung Berapi Bur Ni Telong, melambangkan keagungan atas karunia Illahi yang memberikan kesuburan alam, ketegaran dan keteguhan hati rakyat untuk membangun • Tugu Radio Rimba Raya, merupakan monument sejarah perjuangan Bangsa Indonesia dimana melalui Radio Rimba Raya ini disiarkan keseluruh penjuru dunia bahwa Indonesia masih tetap ada. • Padi dan Kapas, melambangkan Keadilan Kemakmuran Dan Kesejahteraan Sosial. • 17 buah kopi, 8 tangkai kapas dan 45 butir Padi, diartikan sebagai lahirnya bangsa Indonesia dengan Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945. • 4 helai daun kopi, 10 butir buah kopi warna hijau dan tujuh butir warna merah, menggambarkan bahwa kopi merupakan tanaman perkebunan rakyat yang menjadi andalan untuk membangun Bener Meriah ke empat penjuru arah mata angin adil dan merata dengan harapan hari esok lebih baik dari hari ini. • 7 helai daun tembakau, menggambarkan 7 kecamatan perintis berdirinya Kabupaten Bener Meriah dan tembakau merupakan salah satu tanaman perkebunan sumber penghidupan. • Gajah Putih, menggambarkan titisan seorang putra Raja Linge yang bernama Bener Meriah. • Gajah putih menghadap ke depan dalam bingkai Merah Putih, melambangkan perpandangan jauh kedepan untuk membangun dengan mendengar aspirasi rakyat didalam satu komando demi kebenaran serta tetap bernaung dibawah Negara Kesatuan Republik Indonesia. • Musara Pakat, merupakan semboyan yang bermakna. Satu haluan dan satujuan dengan mengedepankan musyawarah untuk mencapai kesepakatan dan kesepahaman. Arti kiasan warna pada logo Kabupaten Bener Meriah • Kuning : Mulia, Jaya, warna kebesaran kerajaan • Merah : Berani, Kekuatan, symbol Panglima dalam kerajaan . • Hitam : Berwibawa dan rendah hati. • Putih : Suci, bersih dan bersahaja. • Biru : Agung dan berpandangan luas. • Hijau : Islami, sejuk dan subur.

Bagian identitas

Kode unik

21117-24

Nama resmi

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kab. Bener Meriah

Nama paralel

  • Dinarpus

Nama lain

  • Arpus

Tipe

  • Lembaga Kearsipan Kabupaten/Kota
  • Pencipta Arsip Tingkat Kabupaten/Kota

Bagian kontak

 

08126914588

Tipe

Alamat

Alamat

Jalan Bandara Rembele - Bale Atu Kec.Bukit Kab.Bener Meriah

Kabupeten/Kota

Indonesia

Provinsi

Aceh

Nama Negara

Indonesia

Kode pos

24581

Telepon

085260391004

Faks

(0643)8001361

Email

URL

Catatan

Tipe

Alamat

Alamat

Kabupeten/Kota

Provinsi

Nama Negara

Kode pos

Telepon

Faks

Email

URL

Catatan

Bagian deskripsi

Sejarah

A. SEJARAH SINGKAT
Kantor Arsip dan Perpustakaan pertama kali di dirikan pada tahun 2006 yang bertempat di Simpang Tiga Redelong Jalan. Bandara Rembele – Bale Atu Kabupaten Bener Meriah. Kantor Arsip dan Perpustakan di bangun oleh BRR provinsi Nanggroe Aceh Darusalam (NAD) . Kantor ini terbentuk atas Dasar Qanun Aceh No 3 tahun 2007 tentang tata cara pembentukan Qanun (Lembaga Daerah Provinsi NAD) . Atas dasar Qanun tersebut maka lahirlah Qanun kabupaten bener meriah no 4 tahun 2008 tentang susunan organisasi dan tata cara kerja lembaga teknis daerah kabupaten bener meriah . Pertam kali kantor ini di pimpin oleh bpk. Banta Cut, S.Pd. (alm.) yang menjabat hanya Selama lebih kurang 8 bulan . Dalam rentang waktu beberapa bulan sejak januari 2009 sampai februari 2010 , kantor ini mengalami kekosongan dalam bidang kasi dan staf. Kemudian pada tanggal 4 februari 2010 , Pemerintah Kabupaten Bener Meriah telah mengangkat H.Syafruddin, S.Pd. sebagai kepala kantor yang baru dilantik oleh Bupati Bener Meriah, Kemudian Pemerinatah Kabupaten Bener Meriah menggantikan Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan dari H. Syafruddin, S.Pd. kepada Iftar, S.Pd. dan kemudian Bupati Bener Meriah melantik Sukur, S.Pd. M.Pd menjadi kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bener Meriah
Pada tahun 2017 status Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bener Meriah berubah menjadi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bener Meriah yang pimpin oleh Ridwan .S.Pd.sesuai dengan keputusan Bupati Bener Meriah pada tanggal 3 januari 2017.

B. VISI DAN MISI
Dinas arsip dan perpustakaan kabupaten bener meriah memiliki visi dan misi sebagai berikut :
a. Visi
Sebagai pusat informasi utama berbasis tekhnologi informasi dan terkemuka di bidang ilmu pengetahuan.
b. Misi

  1. Meningkatkan minat baca masyarakat melalui teknologi informasi
  2. Pengembangan dan pengelolaan perpustakaan berdasarkan ilmu pengetahuan ,
  3. Meningkatkan sumber daya manusia di bidang kearsipan dan perpustakaan,
  4. Meningkatkan koordinasi tentang arsip dan perpustakaan dengan dinas dan lembaga teknis daerah,
  5. Meningkatkan pelayanan arsip dan perpustakaan kepada masyarakat,
  6. Mewujudkan sarana dan prasarana arsip dan perpustakaan, serta
  7. Mewujudkan sarana dan prasarana perpustakaan di setiap kecamatan

Konteks geografis dan budaya

disi Geografis : Dataran
Luas Wilayah : 1.454,09 km²
Jumlah Penduduk : 148.616 (2012)
Kepadatan : 102 jiwa / km²
Dana Alokasi Umum (DAU ) : Rp 375.310.917.000,- (2013)
Pembagian Administrasi : Kecamatan : 10 Desa : 232
Potensi Daerah : Pertanian, perkebunan, perikanan, pertambangan dan pariwisata

Mandat/sumber kewenangan

Struktur administrasi

Kebijakan mengenai Pengelolaan Arsip dan Penghimpunan

Gedung

Email : Belum Diisi
Status Tanah : Milik Pemda
Luas Tanah : 2204
Status Gedung : Milik Pemda
Luas Gedung : 140
Jam Buka : Senin s.d. Jum’at, Pkl. 08.00-16.00 WIB

Khazanah

Sarana temu balik, pedoman dan publikasi

Bagian akses

Waktu layanan

Persyaratan dan Kondisi Akses

Akses menuju lokasi

Bagian layanan

Layanan penelitian

Layanan reproduksi

Area publik

Bagian kontrol

Kode unik deskripsi

Kode unik lembaga

Aturan dan/atau konvensi yang digunakan

Status

Final

Tingkat kedetilan

Lengkap

Tanggal pembuatan, revisi, dan penghapusan

Bahasa

Tulisan

Sumber

Catatan mengenai pemeliharaan

Jalur akses

Titik Akses

  • Clipboard

Kontak utama

Jalan Bandara Rembele - Bale Atu Kec.Bukit Kab.Bener Meriah
Indonesia, Aceh
ID 24581